Monday, May 10, 2010

pendakian pangrango awal mei'10

mandalawangi
puncak pangrango

pendakian pangrango kali ini adalah salah satu keinginan hati yg dikabulkan Tuhan. selepas papandayan..sempat terlintas keinginan utk mendaki pangrango..apalagi peraturan TNGP yg harus bayar mahal itu sudah dicabut. tapi keinginan itu agak sulit terwujud krn tidak ada teman yg tertarik..sampe akhirnya tiba tiba dapat kabar kalau kaskus bakal bikin pendakian pangrango..waktunya pas lagi spt yg gw inginkan. its like dream come true.

jumat 30 april malam

kumpul di bogor, ketemu dengan si TL ndarz, dan menyusul rombongan lain: hadi, aga, shorea. sampai di cibodas sekitar jam 10 malem..masih harus menunggu rombongan lain dari jakarta dateng. suasana warung mang idi sptnya sudah kembali spt semula..rame dengan para pendaki. tunggu menunggu....baru jam 4 pagi akhirnya start mendaki lewat pintu cibodas. total tim ada 15 orang.

sabtu 1 mei

jam 4 pagi start mendaki lewat jalur yg sudah familiar..telaga biru, panyancangan, air panas dan sampai di kandang badak jam 10 utk rehat. huuh..meskipun tanjakan cibodas ga seekstrim cikuray atau ciremai tapi cukup ngos ngosan juga. mungkin pengaruh kurang istirahat semalam. apalagi jalur cibodas cukup panjang.

jam 12.30 ..lanjut dari kandang badak menuju pangrango..mengikuti arah plang ke kanan.
trek pangrango di mulai dengan jalur yg cukup landai..tapi banyak rintangan, batang2 pohon roboh yg menghalangi jalur. semakin lama jalur mulai nanjak dan mulai ga karuan bentuknya..lewat akar2, bahkan lewat lorong spt saluran air yg sempit.  terus terang tenaga sempat habis pas lewat jalur ini..bahkan dari pertengahan sampe puncak sempat jalan sendiri..krn ga bisa ngejar rombongan depan..sementara rombongan belakang juga ga nyampe2. sempet berpikir yg "gak-gak"..apalagi rasanya keril tambah berat..akhirnya berpikir positif dan dinikmati aja tantangannya. memang disinilah kenikmatan naik gunung..bukan pada seberapa cepat kita naik..tapi gimana kita bisa bersabar utk ngatur tenaga dan semangat.

di beberapa spot..kalo pas gak ada kabut..kita bisa melihat kawah gunung gede..dan pemandangannya benar2 full tampak depan. sesuatu yg ga mungkin kita dapat kalo kita di puncak gunung gede. setelah 3-4 jam mendaki...terbayarlah sudah semua penderitaan ketika sampai di jalur landai yang cukup panjang yang menandakan bahwa sudah sampai di puncak pangrango. rasanya lega bukan kepalang sudah berhasil menyemangati diri utk tidak berhenti sebelum sampai puncak. setelah melewati pepohonan yang tidak terlalu tinggi..akhirnya gw temukan juga patok hijau yg banyak gw lihat  di foto2 orang yg sampai ke puncak pangrango. dari puncak ini juga ada pemandangan lepas ke kawah gunung gede. sayang..sore itu..beberapa kali tertutup kabut.

dari puncak ada petunjuk ke alun2 mandalawangi..yang bisa ditempuh dengan jalan menurun kira kira 15 menit.

begitu sampai ke alun2 mandalawangi langsung disambut dengan pohon cantigi dan edelweis..mandalawangi sendiri lebih mirip lapangan bola yg dikelilingi dengan pepohonan edelweis. di tengah ada sungai kecil membelah. rombongan gw memilih camp di pinggiran sisi barat di antara pohon2 edelweis.

beruntung gw nyampe mandalawangi sekitar jam 5 sore..ketika sama sekali ga ada kabut..karena besok paginya kabut cukup tebal shg susah untuk menikmati keindahan  mandalawangi. banyak yg cerita, kelebihan mandalawangi adalah keheningannya..tapi sayang..hari itu gw ga bisa menikmati keheningan itu. kebetulan pas ada rombongan salah satu universitas yg ngadain penerimaan anggota mapala di mandalawangi. jadilah semalaman sampe pagi..penuh teriakan2 siksaan.

minggu 2 mei

kabut tebal turun di mandalawangi sampe jam 9 ketika rombongan gw turun. kita juga gak nyaman karena masih ada acara penyiksaan mapala..shg ga leluasa utk menikmati mandalawangi. jalan turun terasa lebih cepat ..mungkin krn semalam sudah istirahat penuh. kalau gak salah sekitar 1,5 - 2 jam kita sudah sampai kandang badak lagi. rehat lagi..utk seterusnya turun ..dan sampai pos cibodas kurang lebih jam 5 sore.

foto foto ada di sini

notes :

- jalur pangrango cocok utk menguji mental..karena selain panjang juga lumayan berat medannya. jalur ini juga cukup sepi. beda sama dengan jalur gunung gede yang hampir di tiap jengkal kita akan ketemu dengan rombongan pendaki lain.

- dibanding surya kencana, mandalawangi lebih kecil..tapi ga kalah indah. selain itu karena jarang dikunjungi , mandalawangi juga lebih bersih.

- untuk menghemat tenaga, ada baiknya camp dulu di kandang badak, baru besoknya summit attack ke pangrango tanpa bawa beban. cuma mungkin kurang sempurna kalo ga ngerasain ngecamp di mandalawangi. selain itu juga mesti dipikirkan masalah keamanan ketika meninggalkan tenda di kandang badak..mengingat ramai dengan pendaki lain.

1. salam kenal, aq selalu suka membaca orang yang melakukan pendakian..., boleh tau jalur pendakian pangrango apakah lebih berat atau ringan dibandingkan jalur pendakian ke papandayan.......?

2. Salam kenal juga..wah ya lebih berat ke gede - pangrango. Coba aja ke gede dulu lewat cibodas..kalau gak kuat bisa berhenti di pos tertentu..ga usah sampe puncak