Sunday, April 19, 2009

curug nangka curug kawung ciapus

krn sabtu abis jalan rencananya minggu gw mau di jkt ajalah jadi orang kota lagi. tapi pas gw googling2  kok gw masi penasaran dgn cerita orang2  tentang curug nangka sih.  akhirnya minggu jam 10 tetep aja gw balik ke bogor naek motor dgn tujuan menemukan curug nangka hehe. krn klo sampe ga nemu tuh curug gw ga bakal bisa tidur. berbekal beberapa petunjuk dari postingan orang akhirnya gw nemu juga tuh angkot ke ciapus..ternyata itu pertigaan antara bogor trade mall - sukasari - kebun raya bogor. dan gw baru tahu daerah yg di lewati angkot ciapus itu..nama jalannya kapten yusuf dan gak gitu terawat jalannya spt daerah bogor yg laen. ga lama udah sampe ke wilayah tanjakan dan view nya bener bener indah krn dari kejauhan terlihat gunung salak yg biru kehijauan dan tertutup awan di atasnya. dan gak lama juga sudah ketemu petunjuk ke arah curug nangka. setelah bayar tiket masuklah ke gerbang masuk yg di tumbuhi pohon pinus yg tinggi.  di depan ada daerah perkemahan kita harus mendaki sedikit utk melihat curug. ternyata curug nya kecil tapi rame banget pas hari minggu itu. banyak orang mandi di sungai berbatu yg airnya jernih. kalo jalan dikit kita akan sampe ke curug kawung. debit air di curug kawung rada sedikit di banding curug lain spt curug cilember di cisarua ato curug cigamea. yg bikin beda lokasi ini dgn curug2 laen adalah disini kita bisa ketemu monyet hehehe..dan jumlahnya cukup banyak dan beranak pinak. mereka cukup jinak mendekati pengunjung utk minta makanan tapi tetep di batasin pagar.

abis kelar dari situ gw putusin utk jalan terus ke taman sari ga balik ke arah kota bogor. bener bener asik jalanan di taman sari utk jadi track motor. selain aspal halus..di beberapa spot kita akan di suguhi pemandangan alam yg indah. ga jauh ternyata ada kawasan wisata curug luhur yg  cukup tertata dgn restoran dan kolam renang dan banyak mobil parkir utk berkunjung. yg gw heran di bogor sama sekali ga ada petunjuk klo ada wisata curug luhur. jadi orang yg kesini kali orang yg kebetulan lewat aja. setelah jalan terus ada banyak motor berhenti dan parkir di jembatan.gw pikir ada apa..eh ternyata orang orang pada berhenti utk main air di sungai berbatu..heheheh..lucu juga ni orang orang. wisata gratis.

setelah tanya dikit2 ke orang lokal..ternyata jalur taman sari ini kalo terus bakal tembus ke taman halimun. ya udah gw terus dan ternyata emang bener ga lama udah ada penunjuk jalan ke arah taman nasional halimun. ya jadi nya gw refreshing lagi di hutan hujan terbesar di jawa itu. makan jagung bakar disana sambil nanya nanya lokasi situ ke tukang jagung. menurut si bapak meskipun di lokasi taman halimun ada penunjuk arah ke curug2 tapi menurut dia susah utk menuju kesana..orang lokal aja susah apalagi orang kota. abis itu gw nanya2 ttg kawah ratu dan dibilang dia sanggup nganterin tapi mulainya mesti pagi..jangan sore menjelang hujan. ya udah gw janjiin aja tar wiken gw bakal nemuin dia minta anterin.

ya udah akhirnya perjalanan gw akhiri di pemandian air panas di kawasan wisata gunung salak endah. lega rasanya bisa mandi di pancuran air panas lagi. lumayan rame ni tempat kalo minggu banyak rombongan anak muda pada maen air di kali yg cukup deras.


No comments:

Post a Comment