Sunday, April 26, 2009

cikandang rafting 26 april 09

akhirnya jadi juga rafting di cikandang setelah seminggu sebelumnya batal.pesertanya 21 orang , 6 cowo sisanya cewe/ibu2. operatornya gerhana rafting dari bandung.

jam 5 berangkat dari plaza semanggi naik colt..sekitar jam jam 10 atau 11 gitu baru nyampe garut krn mampir sana sini dan jemput sana sini dulu. ternyata dari garut utk nyampe cikandang butuh waktu 2 jam lagi ke arah cikajang - pamengpeuk. setelah menuhin bensin.. kira kira jam 11  perjalanan lanjut ke cikandang dan di perkirakan nyampe jam 1 malem.

ternyata jalan menuju ke cikandang sempit, berliku, penuh tanjakan dan berbatu kasar gak beraspal..untung supirnya jago meskipun sempat ketar ketir klo mobil mogok dan kita mesti nginep di jalan. tapi akhirnya lega krn nyampe juga ke penginepan salah satu rumah penduduk yg deket dgn lokasi start rafting. yang bikin takjub langit cikandang malam itu cerah..bersih dan penuh bintang ..seumur hidup gw baru tahu ada lokasi di mana kita bisa liat langit penuh bintang dan spt deket banget tuh bintang. tapi krn udah jam 2 malem, dah capek dan ngantuk jadi ga ada yg berminat utk nikmati bintang. gak lama semua peserta tidur utk simpan tenaga buat besok.  jadi total perjalanan dari jkt sampe cikandang hampir 8 jam  ( jam 5 sore sampe jam 1 malam) ...

besoknya sekitar jam 8 pagi acara rafting di mulai dgn 4 perahu peserta dan 1 perahu tim rescue. sungai cikandang cukup lebar dgn ketinggian air yang lumayan, tidak terlalu tinggi tapi juga tidak terlalu kering. gak lama mulai kita sudah disuguhi jeram jeram yg lumayan seru. beberapa peserta cewe sempet jatuh tapi gak ada yg bahaya sih.secara umum sih jeram cikandang lumayan tapi jaraknya gak terlalu rapat. dari jeram satu ke jeram lain mungkin ada 100 m gitu. gelombang juga lumayan lah buat goyang goyang doang. total pengarungan dari jam 8 pagi sampe jam 1 siang..termasuk istirahat sekitar 1 jam. cukup lama dan melelahkan...apalagi kalo sudah masuk arus yg tenang..bikin bosen..view nya sih standar pegunungan dan sawah2 tapi  di bagian akhir ada view tebing yg cukup indah.

buat gw sendiri sih yg baru pertama ikut rafting..lumayan seru tapi tidak cukup menantang..mungkin krn terlalu banyak break. jadi menjelang jeram..tim rescue selalu menginstruksikan perahu utk break..minggir dulu kemudian baru satu persatu lewatin jeram. mungkin tim rescue melihat banyak peserta cewe dan ibu2 jadi mereka tidak mau ambil risiko. tapi hal ini juga bikin tantangan berkurang..dengan berkali2 break kadang kita udah ilang mood. kadang klo break lama gitu malah pada asik foto foto.

air sungai cikandang sendiri sih spt yg di bilang banyak orang..airnya bersih dan gak bau meskipun dibilang jernih juga gak. jadi klo abis rafting dari sana ga perlu kawatir klo ga mandi krn ga bakalan gatel gatel. matahari sendiri cukup panas dan banyak peserta langsung belang2 kulitnya kena sunburn termasuk gw.

kelar rafting dilanjutkan makan siang dan bersih bersih sampe jam 4..cabut dari cikandang mobil langsung menyusuri pantai cijayana di pamengpeuk. dari kejauhan sih pantainya indah banget..pasir putih dengan ombak yg tidak terlalu besar mirip ombak di pantai kuta. sayang pantai seindah dan sepanjang itu sptnya sepi dan tidak terawat. gerbangnya aja di penuhi ilalang. rencananya rombongan mau mampir..tapi mungkin udah pada ngantuk jadi lewat deh. abis itu masuk ke wilayah cisompet..dgn jalur berkelok kelok..gak lama masuk ke perkebunan teh..lanjut ke puncak gunung berkabut yg suka disebut gunung gelap krn klo malem lewat sana pasti gelap banget dan berakhir di cikajang kabupaten garut. rute garut selatan ini cukup asik dan menantang buat yg seneng touring.

sampe kota garut jam 8 malam dan rasanya udah capek banget. ditambah lagi mampir beli oleh2,makan , mobil yg bermasalah...akhirnya baru masuk jakarta jam 1 malem..duhh..serasa pulang dugem hehehe

utk event ini gw sendiri ga punya banyak foto krn kamera gw ga tahan air..jadi cuma ngandelin beberapa peserta dan panitia yg foto dan rekam aja.


2 comments:

  1. Kan ada submessible pocket yg tahan air untuk digicam bro, harganya di kawani adventure 470rb-an. di toko camera camzone juga ada tuh.

    ReplyDelete
  2. kalo rafting enakan konsen rafting aja ga usah foto foto heheh kecuali klo diving kali

    ReplyDelete