Wednesday, April 15, 2009

cianten, gunung salak endah akhir maret 09

setelah browsing sebentar gw putusin hari kedua bakal menjelajah ke bogor barat. tujuan pertama adalah ke kebun teh cianten setelah terpengaruh ama beberapa blog orang. perjalanan cukup lancar melalui IPB darmaga..ini pertama kali gw tahu kampus IPB yg baru...ternyata tujuan masi jauh menuju leuwiliang. sampe dimana gitu ada petunjuk 'DAERAH WISATA GUNUNG SALAK ENDAH'..tapi krn tujuan gw adalah ke cianten ya gw terus aja sampe kemudian ada plang 'PERKEBUNAN TEH CIANTEN'. ternyata memang butuh perjuangan lebih menuju kesana meskipun gw naek motor krn jarak yg cukup jauh..rute awal si masi aspal mulus..dan kita di manjakan dgn view yg bener bener indah..pegunungan di kejauhan dan sawah sawah penduduk yg subur. tapi di akhir mulailah banyak aspal yg bolong sana sini dan mesti berdoa mudah2an motor gw ga masalah. setelah pemandangan persawahan masuk lah ke lokasi yg lebih mirip hutan krn pohon yg tinggi2.disini suasana terasa lebih lembab..selepas dari bagian ini barulah ada plang 'PTP CIANTEN'..duuh leganya...akhirnya gw sampe juga ke tempat ini. duh segarnya melihat perkebunan teh..ampir mirip dgn puncak..bedanya disini ga ada mobil dan macet heheh...motor aja cuma 1-2. yg ada cuma petani teh yg memetik dan mengumpulkan teh. sebenernya dari cianten ini bisa terus lagi..tapi gw males jauh jauh dan cuma berhenti makan indomie goreng telor dan minum torabika susu. sptnya indomie goreng paling enak selama idup gw ya pas gw makan disini heheh. krn takut makin jauh dan baliknya ntar bingung ya gw putusin utk balik lagi ke bogor dgn rute awal.

ternyata pas balik terasa lebih cepat..jam 11 gitu gw sudah sampe lagi ke jalan raya leuwiliang. akhirnya gw putusin utk ke kawasan gunung salak endah. sama spt cianten si utk mencapai kesana butuh kesabaran lebih..krn jauhnya lumayan..ada 4-5 km utk sampe kesana. begitu sampe udah suruh bayar tiket aja. hmmm...kawasan wisata ini lumayan tertata dgn jalan aspal mulus dan vila vila penginapan yg cukup banyak. urutan dari pintu masuk adalah pemandian air panas, curug cigamea, kawah ratu, curug ngumpet.
pertama yg aku liat curug ngumpet...sepi kecil dan rada ga terawat, kemudian aku ke curug cigamea...bagus ni curug ..tapi utk menuju curug harus melewati jalan cukup jauh dan jalannya sudah tertata dgn batu dan semen. mau lanjut ke kawah ratu ternyata rutenya ditutup dan harus lewat rute lain..ya udah akhirnya perjalanan berakhir ke pemandian air panas.

sama spt curug cigamea utk menuju air panas ini juga melewati jalan yg batu yg tertata. ada 2 kolam hangat tapi airnya butek hehehe...mana banyak preman bertato pada mandi jadi gw cuma liat liat aja. akhirnya aku cobain aja pancuran air panas yg ternyata emang bener2 panas.  di samping pancuran ada sungai berbatu. what a nice place..meskipun ga gede2 banget.

pulangnya..gw ambil lain..bukan balik melalui rute awal. ternyata dari kawasan wisata bale endah ini kalo terus akan melewati kawasan taman nasional halimun gunung salak...jalan aspal terasa lembab krn kanan kiri di penuhi pinus yg rapat dan pepohonan tinggi. gw ga masuk ke taman nasionalnya sih cuma lewat aja..dan yg lucu pas turun ke bogor gw ga perlu nyalain mesin. krn jalanan menurun terus motor bisa jalan sendiri..kurang lebih sampe 2-3 km kali. setelah itu kita bakal keluar di cibatok leuwiliang lagi.


No comments:

Post a Comment