Tuesday, August 25, 2009

pantai pantai lombok agustus 09


bangsal sengigi

bangsal sengigi

bangsal sengigi

bangsal sengigi

kuta lombok

kuta lombok

pantai sekotong

jalur ke sekotong

pantai sekotong

pantai sekotong

sengigi bangsal pagi

sengigi sore

sengigi

sengigi sore

tanjung aan

tanjung aan

tanjung aan

tanjung aan

tanjung aan

tanjung aan

tanjung aan

gili trawangan

gili trawangan

gili trawangan

gili trawangan

gili trawangan

gili trawangan

gili trawangan

pantai kuta lombok

jalur pantai sekotong

trip cadangan karena waktu pendakian ke rinjani cuma 3 hari dari yg semula di rencanakan selama 5 hari. sebenernya gw pengen langsung pulang ke jkt..tapi ternyata ga bisa..shg terpaksalah nyusun itenary susur pantai seadanya. dan dengan badan yg masih retak sana sini, paha dan betis masi kenceng..dimulailah trip asal ini..sambil nunggu kepulangan ke jkt

mataram-bertais-praya-sengkol-kuta-tanjung aan

rute pertama yg gw selusuri adalah rute ke pantai kuta-tanjung aan. bemo dalam kota mataram sptnya cuma ada 1 yg warna kuning dgn tujuan akhir terminal bertais tempat  pedagang grosiran, sambung mobil elf ke praya, cari bemo langsung kuta gak ada akhirnya cuma dapet yg sampe sengkol..itupun bemo-nya sepi dan supirnya ngeluh semua orang sudah beralih naik motor. dalam perjalanan ke sengkol ini kita akan melewati bandara baru  mataram yg belum selesai dibangun.  sptnya pembangunan bandara baru tepat ditengah pulau lombok ini utk menghidupkan kawasan pantai selatan lombok. di sengkol ini juga ada pasar tumpah sampai ke jalan2. akhirnya capek naek bemo langsung ambil ojek ke kuta.  begitu sampe kuta langsung terpana dengan perubahan besar disana. beberapa tahun lalu gw pernah ke kuta waktu jalanan masih tanah dan cuma ada novotel. tapi sekarang...benar benar berubah total. jalan sudah aspal..hotel, kios makanan, penjual jasa surfing sudah memenuhi sepanjang jalan pantai kuta..persis di kuta bali. sampai di tanjung aan..hamparan pasir putih dan laut biru langsung memanjakan mata. si tukang ojek mengingatkan jangan lama2 di tanjung aan..mending di kuta aja. gw ga ngerti.. tapi akhirnya gw ambil kesimpulan kalau kawasan tanjung aan kurang aman dan memang pengunjung lokal disana spt kurang ramah ke orang asing. di tanjung aan ini juga cukup banyak bule2 berjemur meskipun panas menyengat jam 12 siang. puas di tanjung aan langsung balik ke kuta ..dan kesannya biasa aja... sebenernya ada kawasan kuta yg pasir pantainya berbulir sebesar merica..tapi lokasinya ada di sekitar novotel.  krn ga tahan dengan sengatan matahari yg amat sangat panas....gw milih balik aja ke mataram meskipun pengen ke pantai gerubuk - lokasi surfing- dan gunung penunjak. 

mataram-bertais-lembar-sekotong-pelangan

rute ke dua adalah rute sekotong-pelangan tempat penyeberangan ke gili nanggu dan gili sudak. sebenernya gw memang pengen nyebrang ke gili2 itu tapi karena sampe sana sudah cukup siang akhirnya gw cuma menyusur pantai aja. dari bertais ada elf jurusan lembar dan perjalanan cukup cepat karena cuma satu kali naik. pas turun bareng dgn ibu2 yg mau ke sekotong..tanpa diminta pertolongan mereka langsung kasih saran ini itu utk sampe ke sekotong atau pelangan..sptnya sih karakter penduduk didaerah ini lebih ramah di banding kuta-tanjung aan.  tukang ojek yg gw sewa utk menyusur sekotong 'guide' banget.. sepanjang jalan dia gak berhenti menjelaskan tempat2 yg dilewati. menurut cerita dia, sekotong ini merupakan lokasi penambangan emas putih..banyak pendatang sengaja datang ke sekotong utk mengadu nasib..dan banyak juga yg meninggal krn tertimbun lokasi penggalian. menyusuri jalanan sekotong akan di manjakan dgn hamparan laut biru yg langsung berbatasan dgn jalan raya..gak lama akan sampai ke tempat penyeberangan ke gili nanggu. iseng iseng nanya..ternyata disana ga ada angkutan penyeberangan umum spt gili trawangan..ada nya paket 250 rb dan kita juga ga bisa numpang ke rombongan orang. lanjut lagi menyusur pantai sekotong yg pasirnya hampir sama dgn pantai kuta-tanjung aan. sempat ketemu dgn 3 orang backpacker yg menyusur pantai sptnya mereka habis camping di pantai sekotong. menurut gw sih memang lokasi pantai sekotong lebih nyaman dan aman di banding lokasi pantai kuta.

sepanjang jalan sekotong ini kita juga akan menyaksikan pembangunan besar2an hotel dan resort2..lebih besar dari kawasan pantai kuta malah. agak ke ujung pantai sekotong kita akan menyaksikan pantai2 tempat budidaya mutiara shg orang gak boleh mancing di daerah sana. mau lanjut ke pelangan tempat penyeberangan ke gili sudak..tapi sekali lagi gw sudah ga tahan dengan sengatan matahari..ditambah jarak sekotong-pelangan yg masih jauh. meskipun  tukang ojek mengimingi pantai pelangan yg pasirnya bener2 putih dan jadi favorit bule ..tapi gw  tetep milih balik. di perjalanan pulang sempat melewati sisa2 cafe yg dibongkar paksa sama penduduk sekitar.

mataram-senggigi-bangsal-trawangan

rute terakhir adalah dari senggigi ke bangsal dgn tujuan nyebrang ke salah satu gili. rute senggigi -bangsal ini melalui jalanan naik turun membelah bukit..saat matahari pagi mulai muncul dari balik bukit ..menyinari dereten pohon kelapa..dan dari kejauhan terhampar laut biru ...woww..spt melihat potongan surga. sptnya the best part of my trip ke lombok ya menyusur jalan senggigi-bangsal di pagi hari ...benar2 indah.

sampai bangsal niatnya nyebrang ke gili air atau gili meno dgn tiket umum 10 rb...tapi karena
penumpang sepi akhirnya pindah nyebrang ke gili trawangan. sekali lagi, gili trawangan sudah berubah... kalau dulu gak terlalu ramai dan masih bisa bebas snorkeling di sekitar dermaga..sekarang sudah penuh sesak...penuh bule2 yg sibuk mondar mandir bali-gili trawangan.

dalam perjalanan pulang ke mataram tetap aja gw milih rute senggigi daripada monkey forest..jadi sekali lagi bisa menikmati keindahan pantai2 senggigi dari bukit2.

sate rembige
salah satu yg selalu gw inget ttg mataram adalah sate. bukan sate biasa tapi sate yg dikasi bumbu dulu baru di bakar..shg rasa akhirnya jadi spt dendeng. sayang...selama ini gw selalu dianter temen kalo makan sate itu.. jadi gw sendiri ga tahu gimana nemuin tempat sate itu. pas balik dari bayan-senaru ke mataram kebetulan diturunin di perempatan rembige...pas lagi celingak celinguk liat situasi..kok liat ada tempat makan rame banget..spt bakar sate. eh..ternyata itu tempat makan sate yg gw pengen heheh...wah bener2 ga nyangka bisa ketemu sendiri tuh tempat. ya udah spt dapet reward abis turun gunung...bisa makan sate rembige. besok2nya masih balik lagi hehehe..

notes

-kalo mau menyusur lombok dan pantai2 nya lebih baik sewa motor. lokasi sewa motor banyak di senggigi ( sehari 40 rb ). di mataram juga ada..bisa dicek di googling. atau kalau terpaksa bisa coba sewa motor karyawan hotel. naik motor lebih menghemat waktu krn buruknya angkutan umum di lombok.

-utk susur pantai mungkin cari bulan yg agak adem ya..jangan bulan agustus.

- di bulan agustus ini hotel2 juga full book di senggigi atau daerah pantai..tapi ga ada salahnya nginep di mataram. masih banyak hotel murah dan tentu saja fasilitas lebih lengkap


2 comments:

  1. november bagus ga ke lombok juga rinjani???

    ReplyDelete
  2. ke pantai sih oke ..mungkin agak ademan bulan november. klo gunung mungkin masih ok juga ..bakal lebih dingin. biasanya januari gitu mulai di larang mendaki krn musim badai

    ReplyDelete