Thursday, July 14, 2016

puncak lalana : sehari 3 puncak

setelah lama penasaran dgn yg namanya bukit kapur ciampea bogor, akhirnya kesampean juga utk bisa ke puncaknya.  dari arah pasar ciampea lama tinggal lurus aja, dan pas ketemu polsek ciampea juga terus lurus sampe ketemu cikampak - warung borong - cibungbulang. pas di jalan warung borong usahakan jalan pelan-pelan, karena gak lama di sebelah kanan ada gang kecil dgn petunjuk yg kurang jelas bertandakan "puncak lalana". ikutin aja petunjuk itu utk masuk ke area perkampungan dan gak lama bakal ketemu dgn pintu masuk ke puncak lalana.

pas gw tanya kenapa petunjuknya gak jelas, kata pengelola sih karena area pendakian disitu cuma di kelola oleh warga kampung,  bukan oleh perhutani. dana yg masuk juga cuma utk pengelolaan bukit kapur dan kampung itu.

gw naik sekitar pukul 11.00 dan cuma gw sendiri ..pendaki lain yg nge camp dari semalem katanya udah pada turun. tanjakannya sih lumayan ya..tapi cukup adem dgn pepohonan yg rindang. untungnya lagi gw sama sekali ga ketemu dgn monyet, kata pengelola sih..monyet biasanya muncul pas pagi atau sore atau pas ada pendaki yg masak-masak. dan biasanya monyet juga ga gitu mengganggu.

kira-kira 30 menit gw sudah sampai ke puncak lalana yg di tandai dgn batu2 besar , pohon beringin dan bendera, serta ada bale2 bambu :-)

ke arah kanan dari puncak lalana, bakal ketemu dgn puncak karang gantung, dan kalo jalan lagi kira2 15-20 menit bakal ketemu dgn puncak galau. pemandangan dari puncak ini lumayan sih ya..kalo udara cerah bakal keliatan gunung salak dan gunung halimun. di banding gunung munara sih, gw lebih suka puncak lalana ini karena bentuk batu2 karang nya yg cukup bagus buat di foto. tapi karena bentuknya batu batu karang, cukup bikin sakit kalo alas kaki kita gak bener.

menurut pengelola nya kelebihan naik dari puncak lalana dibanding dari puncak galau ini adalah jarak yg dekat antara pintu masuk dan start pendakian. kalo mendaki dari puncak galau , cukup jauh dari pintu masuk sampe ke awal pendakian...tapi ini gw juga ga tau ya..krn gw belum pernah naik dari puncak galau.





hutan jati di awal pendakian


batu batu terjal selama pendakian

view dari puncak lalana

batu dan bale2 bambu di puncak lalana






2 comments:

  1. kl puncak galau kan pintu masuknya dari seberang SMK pandu... nah kl lalana masih lurus terus atau sebelumnya ya? (dari arah IPB dramaga)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum spt nya . agak lupa. tapi gak jauh dari smk pandu , gak sampe 500 meter ada petunjuk masuk ke puncak lalana

      Delete