Wednesday, July 22, 2015

Lebaran 2015 di Gunung Puntang

setelah sekian lama ga pernah naik gunung akhirnya terpaksa naik gunung lagi karena ajakan temen2 p24. terpaksa bongkar2 perlengkapan yg udah lama kesimpen entah dimana. meskipun udah baca catper orang ttg jalur sadis gunung ini, gw sempet ngeremehin nih gunung karena ketinggiannya yg cuma 2000-an m, gw pikir cemen lah ..sampe2 yg biasanya gw naik gunung pake sepatu sekarang cuma bawa sendal doang.

itinerary:
sabtu 18 juli  malam:
- meluncur ke bandung dgn bus turun di kopo
- carter angkot langsung ke basecamp pgpi ( persaudaraan gunung puntang)

minggu 19 juli :
- jam 8.30 pagi mulai pendakian
- jam 13.30 sampai di pos 1 ( pos terakhir sebelum puncak) setelah melewati pos batu kaca (ada batu gede kaya kaca), batu kereta (ada batu berderet kaya kereta) dan pos 2. entah kenapa penamaan pos-nya ga berurut naik..malah turun..mungkin ada mitos tersendiri :-)
- camp semalam di pos 1 . dari pos 1 ke puncak sudah deket..kira2 15 menit lah. lokasi camp di pos 1 ini cukup gede..bisa muat sampe 10 tenda mungkin..dibanding di puncak yg cuma muat 4-5 tenda. lokasi camp lain ada di pos 2, yg jaraknya kira2 sekitar 30 menit dari pos 1.

senin 20 juli :
- nikmatin sunrise di puncak
- jam 09.50 : mulai turun   
- jam 11.40 : sampai lagi di base camp pgpi


kesan:
meskipun gunung ini cuma 2223 m tapi ternyata beneran treknya sadis banget, dengan tanjakan nyaris 90 derajat yg ga pernah berhenti. setelah pos batu kencana, trek yg tadi nya akar-akar pohon hutan berubah jadi batu2 dan tanah gembur yg panas dan berdebu. sepanjang jalur juga ga ada sumber air..jadi mesti bawa bekal air cukup banyak dari bawah. pas turun juga ga kalah repotnya..mesti ati2 nyari pijakan baik di jalur tanah berbatu maupun di jalur akar2.

soal jumlah pendaki..sptnya karena lagi libur lebaran..yg naik udah kaya seantero banjaran-majalaya-cangkuang ngadain halal bihalal di gunung..sampe semua lokasi camp di pos 1, pos 2 maupun puncak penuh gak bersisa. itu juga belum termasuk pendaki yg memilih tek-tok ( ga ngecamp). sampe jam 12 malem pun masih ada juga rombongan pendaki yg terus berdatangan.

untungnya semua penderitaan pas nanjak terbayar dgn cuaca cerah pas sunrise...dapet lah view sunrise yg bagus banget. belum lagi pas malem, karena cuaca ga gitu dingin bisa ikutan nimbrung pendaki sebelah yg bikin api unggun sambil ngeliatin rasi bintang, bintang jatuh yang berseliweran sama lampu2 kota bandung.


di depan markas pgpi (persaudaraan gunung puntang)
trek hutan yg penuh akar..otot2 langsung ketarik dah


trek selepas batu kencana yg panas dan berdebu


view punggungan dari puncak
puncak mega
lembah yg misahin gn puntang dan gn malabar
sunrise
sunrise
bersiap turun

No comments:

Post a Comment