Friday, June 24, 2011

terjepit di karimunjawa : 14-17 mei 2011

penginapan
sunset karimun
sunset karimun
pulau di tengah laut

hari jumat 13 mei 2011 mungkin salah satu hari paling bersejarah buat indonesia. kenapa? bukan karena peristiwa penting..tapi karena pemerintah secara tiba tiba meliburkan hari senin tanggal 16 mei, yang sebelumnya adalah hari kerja kejepit ( minggu dan selasa libur). alhasil bertebaranlah sumpah serapah dimana mana. untungnya dari jauh hari gw sudah berencana utk menghabiskan libur panjang ini ke karimunjawa.

alasan ke karimunjawa? gak ada sih..karena gw juga sebenernya gak gitu tergila gila sama trip laut. tapi karena ada satu ajakan temen ke karimun jawa yg batal akhirnya gw merasa harus kesana juga. setidaknya seumur hidup sekali pernah lah menginjakkan kaki di sana.

Jumat 13 Mei 2011
hari jumat sore, berangkatlah semua berame-rame kesana dan lebih banyak kenalan baru ( gw, fian,sofi,nurul,andreas,rudi,richa,riana,desi,novry) . gw dan 6 orang lain naik bus nusantara dari rawamangun. nurul naik bus muji dari ps induk, sofi naik bus shantika dari lebak bulus, sedang richa langsung dari yogya. buat gw sih perjalanan ke tempat tujuan sudah termasuk travelling, jadi kenyamanan transport selalu jadi perhatian. untungnya bus nusantara ini ok banget..cepet dan empuk gitu..ga berasa kalo ada jalan ga rata.

sabtu 14 mei 2011
kira2 jam 7 bus sudah masuk jepara. kenek bus menawarkan utk mengantar langsung ke dermaga yg memang lumayan jauh dari terminal. di terminal sudah menunggu nurul dan richa..tiket kapal sudah dibeli richa sejak pagi jam 6. untung deh richa gabung..padahal sejak awal masalah tiket kapal ini hampir membatalkan trip..krn peserta pada ketakutan ga dpt tiket. apalagi liburan ini peak banget dan sepertinya semua traveller tumpah ke karimun jawa.

tepat jam 8 kapal diberangkatkan, karena penumpang sudah penuh banget sampai ke lt 2. sialnya 1 orang masih ketinggalan..yaitu sofi..hehehe...ya udah akhirnya kita ga bisa berbuat apa apa. sofi nyampe pelabuhan pas kapal berangkat. heran juga kita..padahal bus shantika berangkat dr lebak bulus jam 5 sore. masa kalah cepet sama bus nusantara yg berangkat dr rawamangun jam 7 malem. akhirnya sofi ngasih kabar klo dia bakal nyusul pake perahu nelayan..dia patungan dengan penumpang lain yg juga banyak ketinggalan.

meskipun di lt 2 kapal panas banget ( ditutup terpal)..tapi ga tahu kenapa..perjalanan selama 6 jam gak berasa..tahu tahu sudah jam 2 siang..dan dari kejauhan sudah keliatan kepulauan karimun jawa. pak fandi (pemilik penginapan yg akan kita sewa), sudah siap menunggu di dermaga. wuahh...akhirnya sampai juga gw ke karimun jawa.

malam itu..ga banyak kegiatan kita lakukan, cuma makan ke warung deket alun2 yang sebagian besar menu masakannya ikan. sebagian besar turis yg dari EO juga pada kumpul di alun2.

minggu 15 mei 2011

perjalanan meng-eksplor karimun jawa dimulai. perahu yg kita pakai punya pak gianto, tetangga dari pak fandi. sekaligus pak gianto ini yg akan jadi guide. hari pertama diputuskan untuk menjelajahi bagian timur kepulauan karimun jawa. gw agak lupa nama2 pulaunya..yg pasti salah satu pulau gosong.

ada 3 spot snorkeling yg kita kunjungi, rata rata lokasinya dekat pulau..itupun gak boleh jauh jauh sama guide nya. secara keseluruhan lumayan sih terumbu karangnya. mendekati siang turun hujan..terpaksa deh meneduh sebentar di sebuah pulau yg banyak rumah2 kayu. setelah reda barulah lanjut ke pulau gosong. nih pulau unik..karena dia spt pendangkalan di tengah laut. pas kita dateng sih sedang pasang, jadi masih ketutup sama air laut tapi dangkal banget. disini kita banyak ketemu biota laut spt bintang laut, bantal buaya, dll..dan hampir semuanya ditunjukkan sama guide kita pak gianto. yg jadi perhatian..banyak bulu babi disini jadi tetep harus pakai alas kaki.

setelah dari pulau gosong...pulanglah kita..dan sore ini gw dapet clear sunset di deket dermaga alun alun. mungkin ini sunset paling bersih yg pernah gw dapetin,sama sekali ga ada mendung atau awan.

malemnya...bakar ikan!!

senin 16 mei 2011

hari kedua ini, eksplorasi dilanjutkan ke bagian barat karimun jawa..katanya sih terumbu karang di bagian ini lebih bagus daripada bagian timur. ada 3 spot snorkeling yg kita kunjungi ( pulau menjangan, pulau cemara)..dan memang bener terumbu karangnya asli bagus banget, warna warni dan macamnya juga banyak. selain itu biota laut selain ikan juga banyak banget bisa kita liat. bener bener tempat yang nyaman untuk snorkeling, karena kedalaman terumbu karangnya juga cukup dalam sehingga gak sampai melukai kaki..terutama buat turis yg cuma pakai baju snorkeling seadanya.

siang kita break di sebuah pulau ( cemara ?)..yang jelas di pulau ini ada pantai landai kecil yg pasirnya putih banget. akhirnya siang ini dihabiskan dengan sesi foto2 dan bakar ikan lagi.

setelah snorkeling di satu pulau lagi ( sekitar jam 3)..eksplorasi ditutup dengan kunjungan ke penangkaran ikan hiu. biasa aja sih..pada nyebur ke kolam ikan hiu..tapi ikan hiu nya sama sekali ga bisa ditangkap. di lokasi ini juga ada penangkaran penyu dan ikan hias.

mendekati malam kita nunggu sunset di tengah laut. untuk kedua kalinya gw dapet clear sunset lagi. bener bener anugerah deh..mengingat beberapa kali trip pantai nyaris susah banget bisa dapet sunset yg bener bener bersih.


selasa 17 mei 2011

rasanya berat ninggalin karimun pagi ini ( serius!)..tapi ga terasa waktu liburan sudah habis dan harus sudah meninggalkan kegiatan snorkeling-an. pagi jam 5 kita sudah menuju pelabuhan, ditengah hujan yg berubah dari gerimis menjadi deras. disinilah ketegangan dimulai...apalagi kalo bukan masalah tiket.

begitu sampai pelabuhan, loket belum dibuka..tapi kok sudah banyak yg naik kapal. rupanya mereka turis dari EO yang sudah dapat tiket sejak KEMARIN..yap..meskipun di peraturan tiket ekonomi hanya di jual di hari H, ternyata salah satu petugas menyatakan..kondisi bisa berubah dilapangan. beberapa pengantri tiket berdebat, memaki..dan akhirnya di tengah perjuangan mengantri di hujan deras..loket dibuka juga dan sukses dapet tiket buat 10 orang. lega?? belum..!

setelah naik kapal...waktu sudah menunjukkan jam 8..tapi kapal belum berangkat juga. jam 9..kapal masih diem..ada masalah apa lagi sih??!. ternyata ada perdebatan antara pejabat2 di pelabuhan. sebagian protes karena kapal sudah overload ( hampir 900 orang)..sebagian penduduk lokal protes karena gak bisa terangkut. akhirnya kapal diberangkatkan juga dengan persyaratan pelampung ditambah...ngeri gak sih bayanginnya.

tapi syukurlah..setelah 6 jam perjalanan, kapal berlabuh dengan aman di pelabuhan jepara. saatnya kembali ke jakarta...masuk kerja lagi.

notes :

* mengunjungi karimunjawa itu worth it kok..terutama utk spot snorkeling. biaya juga masih reasonable kok.

* banyak penginapan murah, makanan murah,dll

* jangan bayangkan ada pantai indah...tidak ada sama sekali!..yg ada cuma terumbu karang dan biota laut.

* spt cerita gw..tempatnya sunset memang di karimunjawa, kalau sunrise bisa juga sih..cuma cari spotnya agak susah. agak jauh dari pemukiman. kalapun mau dekat harus masuk ke lokasi resort.


2 comments: