Tuesday, February 16, 2010

cikuray 13-14 februari 2010

















setelah sebulan lebih males outdoor krn hujan melulu..akhirnya ga betah juga dan join trip nya ian-dwie-bembi ke cikuray. sudah lama baca2 dan liat foto2 orang ttg cikuray..meskipun gunung ini kalah populer dibanding gede atau ciremai..tapi belakangan banyak yg dateng kesini.

finally..cikuray mengembalikan passion gw thd hutan. setelah gunung gede..gw sempet mendaki beberapa gunung lain tapi sering kecewa karena tidak menemukan hutan yg lebat.  akhirnya di cikuray gw menemukan kembali keteduhan hutan itu.

itinerary :

jumat 12 februari :

22.00 kumpul di rambutan lanjut naik bus ke garut. bus melaju kencang..krn penumpang sedikit. tim : gw, dwie, bembi, ian, imam, eri, lisna

sabtu 13 februari:

02.14 : tiba di terminal garut, menuju masjid seberang terminal utk melanjutkan tidur. sendal..keril asal ditaruh aja..untungnya ga ada yg ilang. krn ternyata di masjid lain ada yg kehilangan keril. be carefull kalo tidur di masjid2 sekitar terminal garut

06.00  : berangkat naik angkot ke cilawu
07.00 :  naik ojek dari cilawu ke pemancar..bayar ojek 25 ribu. jalur cukup parah..beberapa kali harus turun dan jalan kaki..krn motor gak bisa naik. 
08.00 :  setelah repacking, berdoa..pendakian dimulai. jalur nanjak terus..tidak ada bonus..tapi hutan cukup lebat dan adem. tidak ada tanda2 pos, jadi cuma mengandalkan waktu untuk mengukur jarak perjalanan.

11.00-11.30 : berhenti entah dimana untuk makan siang
13.00 : sampai di puncak bayangan
15.00 : sampai di puncak cikuray . total 7 jam perjalanan

Minggu 14 februari :

08.30 : start turun - tanpa istirahat..paling cuma berhenti 5 menit atur napas
12.00 : sampai kembali di pemancar . total 3,5 jam untuk turun

notes :

- treknya lumayan..meskipun nanjak terus dan bikin ngos2an..tapi lama kelamaan badan makin terbiasa..dan tinggal tancap terus ke puncak. treknya tanah padat melewati akar2 dan pohon2 tumbang...tapi treknya jelas dan gak bikin nyasar.

- tdk ada tanda2 / pos utk mengukur kita sudah sampai dimana..untungnya mendekati puncak ada marking dari tim SAR yg dilengkapi ukuran ketinggian--2840 mdpl. semakin dekat ke puncak jalur semakin berbatu.

- hutan cikuray cukup lebat ..rasanya lega bisa kembali menghirup udara segar dari rimbunnya pepohonan di hutan cikuray. selain melindungi dari panas, pohon-pohonan itu juga melindungi kita dari hujan.

- selama pendakian tidak ada pemandangan lain selain hutan dan hutan...

- di puncak ada bangunan permanen...terima kasih kepada siapapun yg bersusah payah bikin bangunan itu..cukup bermanfaat utk melindungi dari hujan..sayangnya ..spt biasa..sudah penuh dgn vandalisme.

- view dari puncak cikuray cukup menakjubkan..apalagi di pagi hari yg cerah tak berkabut. kita bisa melihat landscape kota garut yg berbukit bukit..dari kejauhan juga nampak gunung papandayan dan gunung guntur.

- thanks to all team yg sudah dengan sukses menyelesaikan trek cikuray

foto-foto bisa di lihat di sini

7 comments:

  1. penanda pos di jalur cikuray itu plat dari seng ada tulisan palindo. sebelum puncak bayangan ada 2 pos yg ditandain.
    terakhir kesana oktober tahun kemaren, masih ada plat-nya.

    oia, kemaren ujan gak? rencana akhir bulan ini mau kesana lagi

    ReplyDelete
  2. ya bener..ternyata yg ada tanda PALINDO nya itu pos2 nya. kemarin pas naik ujan gerimis doang . di puncak jam 4 sore sampe malem ujan juga tapi ga deres..masih bisa nenda di luar. tapi akibatnya ga dpt sunset.

    pas turun pagi cerah...tapi ujan deras jam 1.

    ReplyDelete
  3. mantaf om pendakiannya, bikin ngiri saya yang blom pernah ndaki gunung....ada foto2nya nggak.....

    ReplyDelete
  4. @imamarkan. touring pake motor ga kalah mantaf..kapan ya gw bisa cobain. naik gunung sih ga berat..kan jalannya pelan2 ga lari.

    foto foto di http://newsnowfalling.multiply.com/photos/album/29#

    ReplyDelete
  5. seneng yah ketemu hutan yang lebat, emang dicitayam udah ga lebat ya hutannya hahaha

    ReplyDelete
  6. numpang lewat ya om... baca2 itenerarynya. makasih banyak

    ReplyDelete
  7. @muftiku..kita kan pernah ke semeru bareng yak...heheh..dah 2 tahun ya..lama banget

    ReplyDelete