Thursday, December 10, 2009

gn. ungaran-ambarawa-semarang nov'09

sebuah trip yg spesial..meskipun susah tapi gw merasa harus merekamnya dalam sebuah tulisan. awalnya sih utk ngisi long weekend idul adha ada pilihan naik sindoro, cireme atau ikut ke ungaran. akhirnya gw pilih yg rada enteng aja lah..masih males mau trip yg berat2. biar menurut gw enteng..tapi ternyata yg ikut trip ini minim banget..total cuma 6 org ( gw, dwie, adi,dheva, dewi,zaki)..1 org lagi -eko- tiba tiba menyerah sebelum bertanding :-)

st. senen
di st.senen perjalanan dimulai kecuali dheva. pas lagi liat2 rute kereta ada anak muda negor "mau naik ungaran ya mas..cuma berempat?"  hmm..kok ni anak tau ya..apa krn dia tahu gw lagi nungguin kereta ke semarang. dia ngomong lagi " ngapain mas naik ungaran..gak sekalian merbabu". wahh..gw jawab"iya, temen2 gw ga kuat yg berat2" hehehe. eh dia nyambung lagi "saya dulu juga suka mas naik2 gunung..merbabu..merapi..tapi sekarang udah ga sempet..makanya kalo liat orang bawa keril...suka kangen naek lagi"...hmmm what a spirit hehehe..

kereta tawang jaya
oh my God ..belum apa2 sudah dihadapkan dgn tantangan berat. gw pernah sih ngerasain di pepes di krl jabotabek tapi gak pernah kebayang bakal menempuh 9 jam perjalanan ke semarang dgn kondisi kereta spt ini. penuh sesak..yg tadinya ngebayangin bisa lesehan..ini mau berdiri aja susah..gila..gw nyaris down..apa dgn kondisi spt ini gw bakal siap utk jalan besok ya. dewi-zaki-dwie yg duduk di lorong sebentar2 berdiri krn lorong cuma muat 1 badan orang. adi tidur sambil berdiri hehe..eko-mungkin krn siksaan ini dia udah langsung nyerah.. dan turun di tegal. capek tapi prihatin juga..sudah lebih 50 th merdeka..pelayanan publik masih spt ini. gw aja nyaris stress..ga kebayang ibu2 yg bawa bayi. pulangnya -dikereta yg sama- tiba2 gw merasa berdosa. kenapa gw mesti merebut hak orang2 di dalam kereta..yg mungkin buat mereka ga ada pilihan lain kecuali panas2an penuh sesak utk menempuh perjalanan semarang-jakarta.

pendakian ungaran
utk menuju ungaran rute yg kita tempuh sesampai di st semarang poncol adalah ke jimbaran-umbul sidomukti. di dataran tinggi umbul sidomukti ada kolam renang..dan temen2 sempet mandi2. setelah itu kita naek lagi sampe base camp (lupa namanya). dari base camp ini kita trekking kurang lebih 3 jam sampe ke perkebunan teh yg menuju desa promasan. karena kita start trekking jam 3-an dan cuaca agak mendung..jadi lumayan lah ga terlalu panas. hutan jimbaran sih tdk terlalu lebat..banyak pohon pinus dan trek nya juga tidak terlalu sulit. treknya mirip semeru ..landai menyusur tepian gunung. di perjalanan juga banyak petunjuk yg dibuat kelompok pecinta alam. pas trekking di jimbaran ini kita ditemani sama geng backpacker yg ngetrip tanpa tujuan (debi ,dkk). sampe di perkebunan teh..yg pemandangannya indah banget..kita berhenti cukup lama utk nikmati sunset dan foto2, dan akhirnya menjelang maghrib rombongan gw lanjut ke puncak..sementara rombongan debi lanjut ke desa promasan..entah mau ngapain mereka disana.

setelah maghrib..perjalanan lanjut menuju puncak..rute mulai terjal menanjak. tapi gak ekstrim banget..gak terlalu menguras nafas. tapi mulai banyak rintangan..akar2..pohon tumbang dan batu2. mendekati puncak..jalur bener2 batu semua..gak kebayang kalo siang..pasti panas banget..dan kalo hujan juga pasti licin. semakin dekat ke puncak, pohon2an juga hampir ga ada shg angin cukup kencang..beberapa kali pas kita break..mesti cari tempat perlindungan yg nahan angin. biar dingin tapi dari ketinggian ungaran ini kita bisa menyaksikan keindahan gemerlap kota semarang waktu malam. akhirnya kurang lebih jam 10-11 malam semua tim sudah sampe puncak semua. dlm perjalanan ke puncak ini kita juga ditemani sama rombongan dari semarang yg ribut banget..lumayan lah buat ngilangin serem di gunung.

setelah terlelap di tenda..pagi sudah ngebayangin ngeliat sunrise..tapi ternyata kabut tebel banget. tapi akhirnya di kasih juga kesempatan utk melihat keindahan perubahan langit waktu sunrise..meskipun cuma beberapa menit. sampe jam 9 tim masih puas2in menikmati suasana puncak ungaran. dari puncak ini kita bisa lihat kota semarang, kota ambarawa, gunung merbabu..bahkan gunung sindoro dan sumbing...its amazing. meskipun cuma ketinggian 2000-an m..tapi viewnya cukup indah lah nyaris 360 derajat. mungkin di puncak gunung lain yg 3000-an kita malah gak dapat view apa2.

perjalanan pulang kita menempuh rute gedong songo..hutannya cukup lebat dan basah..mirip hutan di bogor. beberapa jalur juga lumayan ekstrim, berbatu dan terjal. kalau gak hati2 bisa kepeleset melulu. tapi sama spt jalur jimbaran, banyak petunjuk di temui sepanjang jalan. mendekati padang sabana..hujan mulai turun..dan disinilah penderitaan dimulai..karena jalur berubah jadi tanah yg licin. sesampai di gedong songo langsung disambut kabut tebal.

komplek candi gedong songo
niatnya sih mau menikmati keindahan gedong songo..apa daya badan udah remuk menempuh trek becek dan licin. yah akhirnya cuma disempetin mandi air panas di candi 3. itu juga harus menempuh kabut yg cukup tebal. cukup menarik sih sebenarnya komplek candi ini..apalagi kalo kabut turun...bisa jadi obyek foto yg eksotis. apalagi buat orang kota yg jarang liat kabut tebal..bisa jadi pengalaman yg cukup menarik.tapi sayang gw sudah kehilangan selera karena kecapean. gak lama hujan juga turun cukup deras.

ambarawa
perjalanan berikutnya menuju ambarawa..sampe di kota ini menjelang maghrib dan langsung booking hotel. malamnya kita coba eksplore kehidupan malam kota ini..tapi nyaris gak ada apa2. yg ada cuma bus2 antar kota yg berseliweran.coba cari alun2 eh ternyata itu lapangan angkatan darat. tapi temen2 sempat juga mampir ke vihara dan foto2.

pagi hari..langsung cabut ke rawa pening utk ngejar sunrise..meskipun rada lelet..tapi akhirnya dapet juga tuh momen sunrise di rawa pening..very nice. sempet sewa perahu juga utk menyusur rawa pening dan mampir ke lokasi peternakan ikan. nice place.

selepas rawa pening..kita lanjut ke benteng pendem. lokasinya agak seram gitu..karena  lokasinya di komplek angkatan darat..jadi ya mesti lapor dulu..dan banyak mata2 memandang dgn curiga. bentengnya sih..luar biasa...dengan model jendela yg mirip colloseum-roma. pas gw browsing benteng2 belanda di indonesia , ternyata benteng pendem di ambarawa termasuk yg paling keren arsiteknya. tapi sayangnya..spt biasa bangunan bersejarah di indonesia..bangunan benteng ini tidak terawat ..rusak di sana sini..dijadikan tempat tinggal, kandang ayam..sebagian juga difungsikan jadi lembaga pemasyarakatan. sayang banget..coba benteng ini direstorasi..ditambah ini itu..dan dibuka aksesnya buat turis..gw yakin bakal banyak yg datang..dan dananya bisa di pake utk maintenance.

capek keliling..akhirnya cari sarapan dulu sebelum lanjut ke museum kereta. dapetlah warung soto yg enak dan murah banget. udah nambah 2kali pake teh manis ..abisnya cuma 7000. kebayang kalo di jkt bisa 20 rb lebih. setelah kenyang..lanjutlah ke museum kereta..oh my God...i loove this museum. sebelum pergi ke museum ini..gw belum browsing2 dan setelah lihat tempatnya..ternyata agak melebihi perkiraan gw. display utama sih loko2 tua jaman belanda..ada kurang lebih 15-an loko dipajang di halaman terbuka..dgn keterangan yg cukup detil. tapi sayangnya kenapa harus di halaman terbuka ya..coba di ruangan tertutup mungkin loko2 itu bisa lebih awet. di ruangan dalam..ada 2 ruang pamer yg berisi perlengkapan perkeretaapian jaman belanda. dari sini juga gw tahu klo kereta api di jawa dimulai dari semarang-atau jawa tengah..bukan di jakarta atau surabaya.  great place!

semarang
badan udah mulai minta tidur..tapi harus balik ke semarang utk pulang ke jkt. sebelumnya disempetin mampir ke vihara watugong. vihara yg baru dibangun th 2006. very big. dibangun dgn model 7 tingkat - artinya apa gw ga tahu. di halaman depan ada pohon yg cukup unik krn punya hubungan khusus dgn buddha ( lupa nama pohonnya)..tapi pohonnya memang cukup unik. tiba2 adi nyeletuk "eh biasanya di tempat gini kita kan bisa ngeramal"..hehehe...krn gw pernah maen2 ke vihara di singapura..jadi gw inget lah cara ramal2annya. akhirnya beberapa temen cobain tuh kocok2 kotak berisi batang2 ramalan, dst..dst. its fun actually main ramal2an di vihara ini hehehe.

badan makin remuk...tapi masih pada semangat utk lanjut ke gedung yg diklaim lokasi setan2..yaitu lawang sewu. forget it about setan2 itu...hehe...gedung nya sih spt banyak peninggalan gedung belanda..tdk ada kata lain selain..indah!. apalagi ternyata didalamnya memang kamarnya2 banyak berderet..makanya dikasi nama lawang sewu. dan tiap -tiap kamar itu dikasih nomor..mirip kamar rumah sakit. padahal sejarahnya nih gedung buat kantor kereta api. dan emang serem sih kalo kita menyusur lorong2 kamar itu sendirian. seperti di lorong waktu. hebatnya lagi arsitektur belanda, mereka bisa bikin ruang2 itu simetris..nyaris tanpa cacat.shg klo kita liat dari depan..kita spt menuju lorong waktu...scary..heheh. tapi spt banyak gedung2 peninggalan belanda..disamping keindahannya selalu menyisakan cerita kelam. dan itulah yg tersimpan di basement gedung lawang sewu ini..penjara jongkok, penjara berdiri, tempat pembantaian,dll. gak habis pikir..kenapa di bawah gedung kantor bisa ada penjara. dan sayangnya lagi yg diekspos ke publik saat ini malah cerita2 setan di basement lawang sewu ini-bahkan tour basement dibuka dgn acara tutup mata dan ngebayangin penampakan hehehe...giling!!!! . harusnya yg di ekspos cerita2 penderitaan bangsa kita dalam penjara itu..yah mirip cerita hollocaust-yahudi gitulah. meskipun lawang sewu ini sudah rusak sana sini..tapi pas gw kesana sedang ada pekerjaan restorasi besar2 an..thank God! mudah2an gedungnya bisa difungsikan shg gak ada lagi cerita2 seram menyesatkan.

akhirnya trip ditutup dgn menikmati keindahan kota tua semarang..cuma satu ruas jalan sih..tapi gedung2 tua di ruas jalan itu cukup terawat dan spt nya memang masih difungsikan jadi gedung perkantoran. uniknya..gedung2 itu arsitekturnya beda2 tapi gw ga gitu ngerti istilah style arsitektur jaman dulu..spt art deco, dll itu. yg seru..sore itu, di gereja blenduk yg terkenal itu..udah penuh dgn model2 lokal dan fotografer.

hhh..nulisnya aja udah capek apalagi ngejalanin tripnya. bener2 trip yg ambisius..cukup menguras tenaga meskipun irit di kantong..tipikal tripnya si DB.

foto foto ada di sini

1. "cukup menguras tenaga meskipun irit di kantong..tipikal tripnya si DB."
    namanya juga backpacker mas hehee, kalo mo santai tebal kantong nmnya koperker
    btw jgn kapok naek kereta ekonomi yah, dan ga usah merasa bersalah itulah hidup dijaman edan ini hehehe